Thursday, March 21, 2013

1. Plain text adalah suatu text yang memberikan suatu informasi dan tidak menggunakan proses formatting text yang khusus, misalkan seperti warna tulisannya tidak beranek ragam. Biasanya bentuk tulisannya adalah default seperti tulisan biasanya (Contoh : font-color = black). Biasanya plain text berupa ASCII yang setiap characternya memiliki range antara 7 hingga 8 bit.

Contoh Plain text :



















2. Hypertext adalah suatu text yang mengandung tujuan untuk navigasi ke suatu halaman lain, dapat disebut juga sebagai link penghubung ke halaman tersebut. Hypertext ini tidak hanya link yang berupa tulisan, tetapi dapat juga berupa link berupa gambar dan sebagainya.

Contoh Hypertext :


















3. Rich text adalah suatu text yang sudah melewati proses formatting, artinya text tersebut sudah diberikan effect khusus dalam format penulisannya. Misalkan, di setiing italic atau font - type (tipe tulisannya) di ubah dan diubah warna fontnya dengan keinginan editornya.

Contoh Rich text :


















(Source image dari page facebook BangBlack)

Demikian penjelasan tentang pengertian dan perbedaan Plain text, Hypertext, dan Rich text. Untuk perbedaannya dapat dilihat dari penjelasan dan contoh gambar dari setiap masing - masing pengertian  :D

5 comments:

  1. makasih nie infonya ringkas dan mudah dipahami :-)
    info yg anda bagi soal hypertext itu kok sama kaya penjelasan tentang hyperlink. Tolong jawabannya?

    ReplyDelete
  2. untuk itu hypertext dan hyperlink sebagian besar mirip. Cuman emank ada bedanya,
    untuk info lebih lanjut coba liat referensi lain dari sini: http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20081111172729AALJ0vO

    Semoga membantu :D

    ReplyDelete
  3. mantaps men, sukses slalu dh pokoknya.. ^^

    ReplyDelete